Kenali Jenis-Jenis Batu Bata Beserta Fungsinya - CV. AMBER RAYA BANGUN

Kenali Jenis-Jenis Batu Bata Beserta Fungsinya

Dalam membangun rumah, yang pastinya harus kita perhatikan dalam pembangunan adalah bahan bangunan bukan? Yang mana kita harus memastikan jika bahan bangunan tersebut memang memiliki kualitas baik. Membangun rumah dengan bahan terbaik tentu saja akan bertahan dalam waktu yang lama. Karena kualitas bangunan sendiri sangat dipengaruhi oleh bahan bangunan yang di gunakan. Oleh sebab itu perlu anda pastikan bukan bila mana anda memang memilih bahan bangunan dengan kualitas baik. Besi, semen, batu-bata, pasir, koral merupakan bahan utama dalam pembangunan rumah. Jika saja salah satu bahan tersebut tidak diperhatikan maka rumah pun juga tidak akan cukup kuat dalam waktu yang lama. Jadi untuk lebih hemat biaya, sebaiknya anda besar biaya di awal dari pada anda harus memperbaikinya setiap waktu. Untuk itu sebelum anda melakukan pembangunan, kenali terlebih dahulu jenis batu bata yang di gunakan. Dengan mengenali jenis batu bata tersebut di harap anda bisa dapatkan kualitas terbaik. Selain itu anda pun bisa dengan mudah mendapatkan batu bata dengan harga yang baik dan fungsinya yang tepat.

pembangunan rumah

Beberapa Jenis Batu Bata Dan Fungsinya Yang Wajib Anda Ketahui!

Jika anda ingin melakukan pembelian batu bata, perlu anda kenali terlebih dahulu jenis batu bata yang anda gunakan. Memang ada banyak sekali jenis yang bisa anda dapatkan, tentu saja anda pun bisa menyesuaikan keinginan dan menyesuaikan dengan budget. Adapun beberapa jenis batu bata tersebut adalah sebagai berikut ini.

  1. Batu merah

Jenis batu ini memang lebih banyak di gunakan oleh masyarakat. Pembuatannya menggunakan cetakan yang di buat dari bahan dasar tanah liat yang mana kemudian dibakar dengan suhu tinggi hingga menghasilkan warna kemerahan dan mengeras. Jika anda memilih menggunakan bata merah maka suasana dinding anda pun lebih terkesan natural. Cocok untuk anda yang ingin memiliki rumah dengan suasana yang sejuk. Namun untuk pembangunan rumah dengan bahan dasar ini, anda harus membutuhkan banyak perekat saat di pasang.

  1. Batako

Jenis selanjutnya yang juga sudah tidak asing adalah batako. Di buat dari campuran semen dan pasir kasar yang kemudian akan mengeras. Tentu saja batako sendiri memiliki banyak keunggulan. Karena memang tidak membutuhkan banyak pelekat untuk melakukan pembuatan rumah. Banyak orang yang memilih ini untuk konstruksi bangunan komersial, bangunan industrial, pagar dan lain sebagainya. Batako sendiri kedap air sehingga cocok di gunakan dinding rumah.

  1. Bata Kapur putih

Untuk bata ini akan ditambang langsung dari gunung kapur alam. Tentu saja setelah di tambah, batu kapur akan berubah menjadi bongkahan besar yang kemudian di potong kecil-kecil hingga berbentuk balok. Tentu saja tanpa melalui proses press, batu ini sudah bisa di gunakan. Jika anda membutuhkan dinding hunian anda pun bisa memilih bata kapur putih ini. Akan ada kelebihan yang di dapatkan dengan memanfaatkan pilihan ini. Yang mana batu putih tidak akan mudah keropos.

  1. Bata ringan

Di Indonesia, bata ini lebih di kenal dengan Hebel & Celcon. Dimana jenis batu ini terbuat dari campuran semen, abu terbang, kapur dan aluminium. Tentu saja ada banyak kelebihan yang bisa di dapatkan dengan memanfaatkan bata ringan. Namun dalam proses pemasangan batu ini harus memanfaatkan semen khusus. Namun sayang batu ini lebih mudah pecah di bandingkan dengan bata tanah liat.